alat musik gendang
Alat Musik

Alat Musik Gendang Mengenal Lebih Dalam Lagi

Alat Musik Gendang Mengenal Lebih Dalam Lagi – Gendang sebagai alat musik tradisionil dimainkan dengan dipukul. Alat musik gendang dibuat dari kayu dengan selaput atau membran pada sisinya.

Untuk membikin gendang diperlukan tangkai pohon yang sisi dalamnya dilubangi, lalu dibuat sebegitu rupa. Tangkai pohon yang dipakai umumnya pohon nangka, cempedak dan kelapa. Sementara selaput gendang dibikin dari kulit sapi, kerbau atau kambing.

Menurut sejarahnya, alat musik gendang sudah dikenali di Indonesia, persisnya di Pulau Jawa semenjak pertengan era kesembilan Masehi. Sebetulnya bukan Indonesia saja yang mengenali alat musik gendang, tetapi beberapa negara lain, satu diantaranya India.

Penyebutan instrument ini bervariatif di sejumlah wilayah. Warga Indonesia secara umum mengatakan gendang, tetapi di sejumlah wilayah juga dikenal dengan panggilan kendang. Penyebutan kendang satu diantaranya oleh warga di Jawa Barat yang sebagian besar ditinggali beberapa orang Sunda.

Gendang jarang-jarang dimainkan sendiri, tetapi jadi sisi dari ansambel yang mengikutsertakan bebeberapa tipe alat musik. Dalam budaya Jawa, gendang menjadi satu diantara instrument dalam gamelan, sementara pada budaya Sunda tidak dapat dilepaskan dari ansambel degung.

Tahukah Mam, alat musik gendang dapat ditemui nyaris di semua wilayah di Indonesia, lho! Berikut beberapa jenis gendang yang berada di I asal wilayahnya dan ndonesia. Baca yok, Mam!

Alat musik gendang yang biasanya ditemui dalam kesenian Jawa Barat disebutkan gendang atau kendang Sunda. Kendang Sunda kualitas terbaik umumnya dibikin dari kayu nangka, atau dapat ditukar dengan kayu pohon asem karena mempunyai kepadatan yang serupa dengan kayu nangka.

Menurut ukuran, kendang Sunda terdiri dari dua, yakni kendang indung yang mempunyai ukuran terbesar dan kendang kulanter atau kendang anak yang memiliki ukuran paling kecil.

Sementara menurut perannya, kendang Sunda terbagi dalam kendang jaipongan untuk menemani tarian Jaipongan, kendang kliningan yang dipakai dalam keseniang Kliningan, dam kendang ketok tilu untuk menemani tarian Ketok Tilu.

Ada pula tipe kendang Sunda sering dimainkan dalam atraksi Degung dan Rampak Kendang yang disebut kesenian tradisionil Sunda, dengan mainkan alat musik gendang sercara bersama-sama.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Alat Musik Gendang

Alat musik gendang dikenal juga di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Misalkan di Blitar ada gendang sentul yang pemberian namanya sesuai aslinya yakni Dusun Sentul. Gendang sentul dibikin dari kayu mahoni dan bahan kulitnya diambil dari kulit sapi.

Ada juga gendang Jawa Timur ciri khas Banyuwangi. Material pembikinnya dari glugu atau kayu kelapa tua dan kayu pohon nangka. Gendang ciri khas Banyuwangi dipakai dalam kesenian Gandrung, hingga dikatakan sebagai gendang gandrung. Semetara gendang dimainkan dalam kesenian Janger, semacam Ketoprak di Jawa tengah disebutkan gendang Janger.

Dalam atraksi Reog Kendang ciri khas Tulungagung dipakai gendang yang terdiri dari 2 ukuran, yakni gendang memiliki ukuran besar dan gendang berukuruan disebutkan ketipung atau kecil.

Jika di Jawa Barat dan Jawa tengah alat musik gendang dimainkan dalam ansambel gamelan dan dengung, di Jawa Timur seringkali dipakai untuk menemani tari-tarian.

Di Jawa tengah, gendang dipakai di dalam permainan gamelan dan menggenggam perang penting dalam karawitan Jawa. Alat musik gendang berperan sebagai pimpinan irama atau pamurba. Di mana gendang bekerja untuk atur cepat lambannya irama gendhing dan buka atau hentikan hidangan gendhing.

Dalam kesenian Jawa tengah, di Yogyakarta atau Surakarta atau Solo dikenali macam gendang, salah satunya gendang ageng yang memiliki ukuran besar, gendang wayangan yang dipakai dalam atraksi wayang kulit, gendang ciblon yang hasilkan suara tingg dan gendang ketipung yang memiliki ukuran kecil.

Gendang panjang sebagai alat musik tradisionil Kepulauan Riau. Instrument gendang ini umumnya dipakai bersama alat musik yang lain untuk menemani beberapa lagu wilayah, atau dimainkan untuk menyongsong tamu dan dalam acara pesta pernikahan.

Wujud gendang panjang sama dengan gendang pada umumnya. Namun alat musik ciri khas Kepulauan Riau ini dibikin dari kayu marbau dan ukuran setiap seginya berlainan, yang terbagi dalam segi segi anak dan induk.

Diameter segi induk semakin besar dari segi anak. Material pembikinan membrannya juga berlainan, segi induk dibikin dari kulit kerbau dan segi anak dari kulit kambing.

Gendang beleq sebagai alat musik tradisionil Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kata beleq diambil dari bahasa Sasak, suku yang menempati Pulau Lombok yang memiliki arti besar. Sesuai ukuran gendang beleq yang besar.

Alat musik ini dimainkan secara bergerombol bersama kombinasi alat musik yang lain, di mana gendang beleq jadi instrument utamanya.

Dahulunya gendang beleq dibunyikan untuk menyemangati prajurit-prajurit yang hendak berusaha ke medang perang. Tetapi dengan seiring waktu berjalan, alat musik ini dipakai sebagai musik pendamping sebuah acara tradisi, kesenian, perlombaan budaya, atau selingan rakyat.

Bergerak ke Kalimantan ada gendang beriak yang disebut alat musik tradisionil suku Dayak. Gendang beriak dipakai dalam atraksi Gendang Beriak, di mana dimainkan 2 orang lelaki yang kenakan pakaian tradisi Dayak. Umumnya pertunjukan ini diadakan untuk menyongsong tamu agung dan saat panen raya.

Wujud gendang ciri khas Suku Dayak ini berlainan dari gendang pada umumnya. Sisi tengahnya menyempit selanjutnya melebar di bagian ujung. Wujud itu dipercaya bisa hasilkan suara yang nyaring.

Gendang beriak umumnya dibikin dari kulit kerbau atau babi, dan diperlengkapi tali penyangga ke tubuh yang dibuat dari rotan.

Pada intinya alat musik gendang dimainkan dengan dipukul. Tetapi, tidak dapat asal jam, karena mainkan gendang memerlukan tehnik dasar supaya bisa hasilkan bunyi gendang yang cantik.

Walau setiap wilayah di Indonesia mempunyai tipe gendang dengan wujud yang lain, tetapi langkah memainkan nyaris serupa. Gendang dibunyikan dengan ditepak dengan memakai telapak tangan atau ditabuh dengan alat pemukul namanya panakol gendang.

Yang membandingkan ialah tempo atau irama cepat lambannya atau keras halusnya satu pukulan, atau disamakan dengan irama lagu dan atraksi kesenian yang disertainya.

Alat musik gendang ada dimainkan sekalian duduk dengan gendang ditempatkan dalam tempat atau frame yang dibuat dari bambu atau kayu. Ada pula gendang dimainkan dengan digenggam sekalian duduk atau dalam status berdiri dengan digantungkan di leher atau pundak memakai rotan atau tali.

Untuk mengusai bermain gendang, seorang perlu latihan ke guru atau pakar gendang, bahkan juga sering mereka masuk ke sanggahr musik untuk dapat mempunyai ketrampilan menabuh gendang lho, Moms.

Begitu macam alat musik gendang yang berada di Nusantara dan langkah memainkan, Moms. Yok, lestarikan alat musik tradisionil Indonesia satu diantaranya dengan memperkenalkannya ke sang Kecil di dalam rumah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *